THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 08 November 2011

konfigurasi ip & DNS linux server !

Konfigurasi DNS Server Ubuntu

image
DNS Server adalah komponen yang berfungsi menerjemahkan nama domain dengan IP Address atau sebaliknya. Dengan menggunakan dns server, kalian bisa memberikan alamat web dari web server dengan nama yang baik semisal www.nandamambo.web.id dan bukannya 192.168.1.1.
Contoh kasus kali ini kita asumsikan :
Nama Host (server) : warnet.nandamambo.web.id
IP Host (server) : 192.168.1.8

Oke langsung saja, yang pertama kali perlu dilakukan adalah install paket Bind9. Masuk sebagai root lalu ketikan perintah berikut :
Setelah itu edit vile named.conf
lalu tambahkan zonenya (sesuaikan dengan keinginan anda dalam contoh dibawah saya menggunakan warnet.nandamambo.web.id).
Setelah itu buatlah 2 file yang ada pada file named.conf yang tadi anda buat (dalam contoh ini adalah warnet.nandamambo.web.id.db dan warnet.nandamambo.web.id-ptr.db). Pertama-tama buat dahulu file warnet.nandamambo.web.id.db :
Lalu isikan seperti dibawah ini :
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • SOA –> Start of Authority, biasanya merujuk pada badan atau orang yang bertanggung jawab atas domain yang bersangkutan. Hal ini juga dapat didefinisikan sebagai hostname yang merupakan awal dari suatu zone.
  • Pada baris pertama SOA, terdapat admin.warnet.nandamambo.web.id. Tanda titik (.) di antara kata admin dan warnet.nandamambo.web.id identik dengan tanda @ seperti penulisan email (tidak sama dengan tanda @ pada bagian lain dalam file ini). Jadi, cara membaca bagian baris tersebut adalah admin@warnet.nandamambo.web.id Khusus dalam file ini, tanda @ email diwakili oleh tanda titik (.) di antara nama user yaitu admin dan domainnya yaitu warnet.nandamambo.web.id
  • ns.warnet.nandamambo.web.id –> merupakan hostname yang memegang tanggung jawab terhadap domain warnet.nandamambo.web.id.
  • A –> disebut juga A record, yaitu catatan alamat yang memetakan sebuah nama host ke alamat IP 32-bit.
  • ns IN A 192.168.1.8 –> mendefinisikan bahwa hostname ns.warnet.nandamambo.web.id mempunyai alamat IP 192.168.1.8
  • Perhatikan, pada setiap penamaan hostname atau domain pada file ini, selalu diakhiri oleh tanda titik. Jadi, jangan sampai lupa menuliskan tanda titik (.) di belakang hostname à warnet.nandamambo.web.id. –> admin.warnet.nandamambo.web.id. –> ns.warnet.nandamambo.web.id.
  • www dan psb akan difungsikan sebagai sub domain.
                                                  
lalu buat file konfigurasi kedua, yaitu warnet.nandamambo.web.id-ptr.db :
Lalu isikan seperti dibawah ini :
Lalu edit adalah file /etc/hosts :
Lalu edit sesuai dengan parameter server anda :
Kemudian Edit file resolf.conf :
Isikan :
Lalu edit named.conf.options dengan mengetikkan :
Lalu edit seperti dibawah ini :
Lalu restart bind9 :
Tes Konfigurasi dengan nslookup atau dig, jika berhasil maka akan tampil seperti text dibawah :

0 komentar: